Friday, February 25, 2011

Agar Kita Tidak Termasuk Golongan Manusia yang " Merugi"

"Demi  Masa, sesungguhnya manusia benar-benar dalam kerugian. Kecuali  mereka yg beriman dan beramal shalih ,  saling menasehati dalam kebenaran, serta saling menasehati dalam kesabaran "   (QS. Al Ashr : 1 - 3 )

Tanpa kita sadari waktu berjalan dengan begitu cepatnya tanpa terasa, sehari -seminggu, sebulan, setahun , sepuluh tahun , duapuluh tahun, tigapuluh tahun , rasanya  baru kemarin aja........,   orang bilang TIME FLIES LIKE AN ARROW  , begitu cepatnya secepat anak panah....bahkan pepatah Arab mengatakan WAKTU ADALAH PEDANG tergantung bagaimana kita memanfaatkannya........jika tidak pandai-pandai menggunakannya maka ia akan memenggal leher kita.

Suka atau tidak , sadar atau tidak sang waktu telah mendekatkan kita kepada satu titik  yang bernama..............MAUT , KEMATIAN, saat dimana semua kenikmatan duniawi dicabut.   Sedikit demi sedikit  ia telah mengurangi  jatah hidup kita di dunia ini.


Begitulah sang waktu , ia berjalan sesuai dengan karakteristiknya , berlalu sesuai dengan tabiatnya ; yakni cepat terlewat TANPA TERASA  dan TIDAK PERNAH DAPAT KEMBALI.
Dalam Surah Al Ashr diatas Alloh bersumpah atas nama "waktu" atau "masa".  Sebuah sumpah yang dinisbatkan dengan sesuatu menunjukkan bahwa sesuatu itu sangat penting. Sumpah Alloh SWT dalam Al Qur'an yang tertera diatas  menunjukkan  betapa pentingnya  "waktu"

Bagi seorang muslim bermuhasabah (menghitung diri) tidak harus menunggu satu tahun , karena sesuai dg substansi akidahnya  ia akan bermuhasabah  setiap hari dan setiap saat.
Bahkan Sahabat Umar bin Khattab RA  berkata ;  "HISABLAH DIRI KALIAN SEBELUM KALIAN DIHISAB" yg intinya mengingatkan kita  untuk sering ber introspeksi diri agar mempersiapkan diri semaksimal mungkin sebelum dihisab di hadapan PENGADILAN ALLOH SWT.

Imam Hasan Al Banna  Rahimahullah Ta'ala mengungkapkan :"Waktu adalah kehidupan . Kehidupan manusia adalah waktu yang dilaluinya  dari mulai ia lahir  sampai ia meninggal dunia".  Oleh karena itu menyia-nyiakan waktu sama halnya dengan menyia-nyiakan keidupan.

Mudah-mudahan kita bisa lebih bijak dalam menggunakan waktu/umur kita  yang tersisa, karena kita semua sedang DIHITUNG MUNDUR.........  FINAL  COUNTDOWN.....

No comments:

Post a Comment